Tidur Turunkan Risiko Kanker Prostat

tmknajidyahoo.blogspot.com - Semua orang mungkin telah mengetahui dengan manfaat tidur untuk mood dan juga pekerjaan. Akan tetapi, terdapat sebuah studi dari American Center Society (ACS) yang mengusulkan bahwa tidur juga bisa meminimalkan resiko kanker prostat. Berikut informasi lengkapnya.

Minimalkan Risiko Kanker Prostat dengan Tidur




Sebenarnya studi oleh American Center Society (ACS) ini di dasarkan pada 2 studi yang telah ada sebelumnya untuk mempelajari kolerasi antara pola tidur dan kesehatan.

Studi ke-1 dilaksanakan pada tahun 1950 hingga 1972 dan melibatkan 407.000 pria. Sedangkan studi ke-2 dilaksanakan pada tahun 1982 hingga 2012 dengan 416.000 pria. Adapun selama penelitian dalam studi ke-1 ada sebanyak 1.500 pria yang terkena kanker prostat. Dan angka ini meningkat hingga 8.700 pria terkena kanker prostat dalam studi ke-2.

Dengan begitu, para peneliti kemudian menganalisa lebih lanjut untuk mencari faktor utama yang bisa berkolerasi dengan penyakit tersebut. Diketahui, ternyata pria yang memiliki usia di bawah 65 tahun yang tidur hanya 3-6 jam 55% lebih rentan untuk terkena kanker prostat dari pada mereka yang tidur selama 7 jam. Akan tetapi, kolerasi tersebut tidak terlihat pada pria yang berusia 65 tahun. American Center Society (ACS) mengakui bahwa efek kausal antara tidur dan kanker prostat perlu dipelajari lebih lanjut, namun mereka juga menambahkan bahwa penelitian bisa menjadi bukti mengenai pengaruh tidur pada kanker prostat.

Sekian pembahasan mengenai tidur turunkan risiko kanker prostat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

Tidur Turunkan Risiko Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment