Suplemen Vitamin E Tingkatkan Risiko Kanker Prostat 2X Lipat



tmknajidyahoo.blogspot.com - Diketahui bahwa pria yang mengonsumsi suplemen vitamin E dan selenium secara teratur dapat lebih berisiko terkena kanker prostat hingga 2x lipat. Akan tetapi, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah selenium yang telah ada dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian oleh Dr Alan Kristal dari Cancer Prevention program di Fred Hutchinson Cancer Research Center. Mengungkapkan bahwa pria yang di dalam tubuhnya mengandung banyak selenium berkemungkinan mengalami kanker prostat hingga 2x lipat apabila mereka masih mengonsumsi suplemen selenium atau vitamin E.

Adapun penelitian lebih lanjut yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer Institute juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat apabila tubuh seseorang kekurangan selenium. Menurut kristal, sebenarnya cara untuk menghindari risiko ini mudah ssaja, yakni dengan tidak mengonsumsi selenium atau suplemen vitamin E secara berlebih.

Kristal juga mengungkapkan bahwa tidak terdapat bukti lebih jelas yang menunjukan adanya manfaat mengonsumsi suplemen vitamin E dan selenium dalam dosis tinggi. Namun demikian, kristal menjelaskan bahwa pria masih bisa mengonsumsi multivitamin mereka secara rutin.

Hasil peneliatn tersebut ditemukan peneliti setelah selama 12 tahun namun pada awal tahun 2008 setelah mengetahui bahwa tak ada manfaat mengonsumsi selenium dan justru meningkatkan risiko kanker prostat.

Kemudian mereka melakukan analisis data lagi pada 3.117 pria tanpa kanker prostat dan 1.7739 pria yang mempunyai kanker prostat, ternyata ditemukan bahwa jumlah selenium dalam tubuh partisipan mempengaruhi risiko tersebut. Pria dengan tingkat selenium rendah dan mengonsumsi vitamin E juga mempunyai risiko kanker prostat hingga 63% lebih tinggi dan meningkatkan risiko kanker agresif hingga 111%.

Adapun hasil dari penelitian ini sebaiknya dipertimbangkan apabila Anda mempunyai kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin E atau selenium setiap hari. Selain itu, perhatikan juga tingkat selenium dalam tubuh Anda untuk menghindari risiko kanker prostat.

Informasi alternatif pengobatan gangguan prostat klik disini.

Demikian informasi mengenai suplemen vitamin E yang mempengaruhi kesehatan prostat. Semoga apa yang telah disampaikan bisa bermanfaat bagi Anda.

Suplemen Vitamin E Tingkatkan Risiko Kanker Prostat 2X Lipat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment