Mencegah Kanker Prostat Dengan Tempe


tmknajidyahoo.blogspot.com - Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang cukup banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat karena rasanya yang enak dan harga yang ekonomis. Beberapa penelitian membuktikan bahwa manfaat yang luar biasa dari tempe salah satunya adalah untuk mencegah datangnya kanker prostat.

Manfaat Tempe Dapat Cegah Kanker Prostat


Didalam tempe terdapat kandungan sehat seperti karbohidrat, lemak, vitamin, protein serta serat. Sedangkan kandungan Tempe yang dapat menurunkan risiko atau mencegah kanker prostat dengan signifikan ialah kandungan genistein dan fitoestrogen.

Selain itu, tempe juga memiliki kandungan antibakteri dan antibiotik yag dapat membantu menuunkan risiko terkena infeksi dengan signifikan. Sedangkan kandungan asam lemak tak jenuh ganda pada tempe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah datangnya penyakit kardiovaskular dan kanker. 

Kandungan lainnya dari bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini ialah zat besi, seng, tembaga, protein dan asam folat. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi masalah anemia. Dan juga kandungan flafonoidnya yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti diare.

Berikut adalah manfaat dari tempe bagi kesehatan lainnya:

Untuk kesehatan tulang dan gigi

Berdasarkan penelitian di Kuala lumpur, Malaysia, tempe memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi 4 potong tempe setara dengan kalsium yang didapat dari segelas susu sapi.

Dapat menyehatkan otak

Tempe ternyata dapat membantu proses pemulihan luka dengan lebih cepat berkat kandungan mangan dan tembaganya. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan kandungan mangan dan tembaga dari tempe membuat kekuatan jaringan meningkat. Bukan hanya itu, Kandungan ini dapat membuat fungsi otak semakin meningkat sehingga dapat berkonsentrasi atau bekerja dengan lebih baik.

Baik untuk kesehatan jantung

Antioksidan dan antiinflasmasi dalam tempe yang tinggi dapat membuat pembuluh darah terlindungi dari berbagai peradangan dan kerusakan oksidatif. hal tersebut tentu akan dapat membuat kesehatan jantung semakin meningkat.

Juga baik untuk penderita diabetes

Tempe merupakan bahan makanan yang terbuat dari kedelai. Kedelai kaya akan serat dan isoflavon. Kandungan ini dapat membuat gula darah terjaga sekaligs mengatasi masalah resistensi insulin. Namun, cara pengolahan tempe juga perlu dierhatikan oleh penderita diabetes. Sebaiknya hindari tempe yang digoreng karena tinggi akan kalorinya. Lebih baik dan aman tempe dapat dijadikan campuran sayur, dijus atau dipanggang untuk dikonsumsinya.

Bgitu banyak manfaat dari tempe ini salah satunya mencegah kanker prostat. Demikian informasi mengenai manfaat dari tempe ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Mencegah Kanker Prostat Dengan Tempe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment