Cegah Kanker Prostat Dengan Diet Tinggi Serat

tmknajidyahoo.blogspot.com - Seperti yang telah kita ketahui, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun khusus bagi para pria, makanan yang kaya akan kandungan serat ini bisa membantu Anda mencegah timbulnya penyakit kanker prostat.




Berdasarkan sebuah studi baru, diet tinggi serat mampu membantu mengendalikan perkembangan dari kanker prostat, terutama pada mereka yang telah terdiagnosa terkena kanker ini yang masih berada distadium awal. Pendasaran studi ini ialah obervasi yang dilakukan pada kasus kanker prostat yang terjadi pada pria di negara-negara Asia dengan pria di negara-negara barat.

Meski diketahui dari data jumlah kasus tidak berbeda secara signifikan, akan tetapi kanker prostat yang di alami pada pria Asia lebih lama berkembang. Dengan begitu, para peneliti pun berpendapat bahwa diet tinggi seratlah yang berperan dalam hal ini.

Penelitian ini dilakukan pada beberapa tikus yang telah dibagi 2 kelompok. Pada kelompok pertama, diberi makan hexaphosphate inositol (IP6) yakni merupakan zat kimia yang ditemukan dalam makanan tinggi serat. Sementara kelompok lainnya tanpa di beri IP6, lalu para peneliti menggunakan MRI untuk memeriksa perkembangan kanker pada tikus.

Komal Raina, instruktur riset di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences. menyebutkan dari studi ini, didapatkan hasil yang benar-benar signifikan. Dengan melihat volume tumor berkurang secara dramatis, yang disebabkan penambahan IP6 dalam diet yang berefek anti-angiogenik.

Para peneliti pun mengatakan, komponen dari diet tinggi serat bisa mencegah sel-sel kanker yang membentuk pembuluh darah baru yang mereka butuhkan untuk tetap hidup. Tanpa pembuluh darah, sel-sel kanker tidak dapat tumbuh. Adapun IP6 bisa mengurangi tingkat metabolisme glukosa dalam sel-sel kanker. Hal ini dilakukan dengan cara menurunkan protein GLUT-4 yang sangat penting untuk mengangkut glukosa.

Telah dari lama para peneliti mencari variasi geentik antara masyarakat Asia dan Barat yang dapat menjelaskan perbedaan dalam tigkat perkembangan kanker prostat. Akan tetapi hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terjadi perbedaan ini bukan karena genetik namun karena dietnya. Sepertinya pada budaya Asia lebih memungkinkan orang dalam mengonsumsi IP6 diabdingkan di Barat.

Para ahli telah merekomendasikan asupan serat makanan yang baik yaitu minimal 14 gram per 1.000 kkal untuk orang dewasa, atau sekitar 25 gram per hari untuk wanita dewasa dan 38 gram per hari untuk pria dewasa.

Sekian informasi lengkap mengenai cara mencegah kanker prostat dengan diet tinggi serat. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Cegah Kanker Prostat Dengan Diet Tinggi Serat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment