Tips Mencegah Kanker Prostat

tmknajidyahoo.blogspot.com - Prostat merupakan organ yang letaknya di bawah kandung kemih dan memproduksi air mani. Tidak ada cara pencegahan kanker prostat yang pasti. Tetapi, secara kesehatan dan petunjuk medis, diet sangat memainkan peranan maksimal sebagai langkah pencegahan kanker prostat. 

6 Hal Ini Bisa Menjadi Tips Untuk Cegah Kanker Prostat


Berikut Tips yang dapat di aplikasikan sebagai cara mencegah kanker prostat, yaitu:

1. Kedelai dan Teh Hijau.

Mengonsumsi segelas teh hijau tiap pagi merupakan awalan yang baik untuk mencegah kanker. Selain teh hijau, makanan yang mengandung kacang kedelai juga aktif dan efektif untuk mencegah kanker. Misalnya adalah tahu, buncis, dan kacang hijau.

2. Mengonsumsi Makanan "Merah".

Makanan bernuansa merah cerah mengandung antioksidan yang kuat yang disebut lycopene, berupa tomat,semangka dan makanan bernuansa merah lainnya.

Menurut penelitian dari American Institute for Cancer Research mengatakan bahwa, semakin merah sebuah tomat maka semakin tinggi kadarlycopene-nya sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi.
Berdasarkan beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi buah dan produk berbasis tomat memiliki risiko lebih rendah mengidap kanker prostat ketimbang mereka yang tidak.

3. Minum Kopi.

Kopi memang sangat disarankan untuk mencegah kanker prostat, tetapi asupannya juga jangan berlebihan. Kopi yang dianjurkan juga kopi yang direbus, tidak instan dan menggunakan gula secukupnya saja. Dengan minum 4-5 cangkir kopi setiap hari ternyata juga dapat menurunkan kemungkinan kanker prostat. Bahkan, minum 3 cangkir kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat sebesar 11 %.

4. Mengganti Lemak Hewani dengan Lemak Nabati.

Antara konsumsi lemak hewani dengan peningkatan risiko kanker prostat memiliki hubungan yang cukup segnifikan. Selain daging, lemak hewani juga bisa ditemukan dalam bentuk mentega dan keju. Melihat risiko tersebut, disarankan untuk mengganti konsumsi lemak hewani dengan beberapa pilihan seperti minyak zaitun ketimbang mentega, buah untuk mendapatkan manisnya permen, sayuran segar dan bukan makanan kemasan, kacang kedelai dan bukan keju, serta tidak terlalu lama memasak daging yang bisa menghasilkan karsinogen.

5. Mengganti Junk Food dengan Sayur dan Buah.

Para ahli kesehatan sangat menyarankan para pria mengurangi asupan junk food dan menggantinya dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran. Karena Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang membantu tubuh memecah zat-zat penyebab kanker prostat yang disebut karsinogen. Diet kaya gizi juga dapat memperlambat penyebaran kanker.

6.Olahraga secara Rutin.

Ada beberapa jenis olahraga yang disarankan, seperti bersepeda, lari, dan renang. Memvariasikan jenis latihan dapat menjadi salah satu upaya untuk membuat kamu tidak bosan melakukan olahraga yang itu-itu saja.Kelebihan berat badan ataupun obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat yang agresif. Karenanya olahraga yang teratur dapat membantumu mempertahankan berat badan yang sehat termasuk peningkatan massa otot dan metabolisme tubuh lebih baik.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai tips mencegah kanker prostat dengan mudah. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Tips Mencegah Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment