Penanganan Kanker Prostat yang Dianjurkan

tmknajidyahoo.blogspot.com - Kanker prostat merupakan kanker yang sulit dideteksi. Penanganannya dapat dilakukan dengan berbagai pilihan yang mempunyai risikonya masing-masing. Sehingga untuk memutuskan memilih jenis perawatannya harus membicarakan terlebih dahulu dengan dokter dan keluarga.

Bagaimana Mengobati Kanker Prostat?




Perlu diketahui penanganan kanker prostat tergantung pada beberapa faktor, yaitu :
  • Stadium kanker.
  • Ukuran kanker.
  • Usia dan harapan hidup penderita.
  • Luas penyebaran kanker yang sudah terjadi.
  • Serta, kondisi kesehatan penderita.

Pada penderita kanker prostat stadium awal dapat memilih menunggu dan mengawasi perkembangan kanker. Ada berbagai kasus kanker prostat yang tidak memerlukan penanganan sama sekali atas pertimbangan efek samping penanganan yang tergolong segnifikan. 

Berikut jenis penanganan yang dianjurkan :

Kryoterapi

Bisa dilakukan pada kanker prostat staium awal, tetapi banyak dokter memilih penanganan ini sebagai langkah awal pengobatan. Dokter akan menggunakan embusan suhu sangat dingin untuk membekukan dan membunuh sel kanker prostat.

Operasi Kanker Prostat

Operasi ini dilakukan dengan memotong bagian dari kelenjar prostat, Tujuannya untuk meringankan atau menghilangkan gejala buang air kecil yang terganggu akibat kanker prostat. Operasi juga disertai dengan prostatektomi radikal untuk mengangkat kelenjar prostat dan jaringan di sekitarnya. Tindakan ini bisa menyembuhkan kanker prostat bila belum menyebar keluar dari kelenjar prostat.

Radioterapi

Menggunakan energi radiasi untuk membunuh sel kanker ketika kanker belum menyebar keluar dari prostat. Radioterapi juga dapat digunakan pasca operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa, meredakan gejala atau rasa sakit, dan memperlambat tingkat perkembangan kanker pada kasus kanker yang sudah lanjut.

Terapi Hormon

Umumnya digunakan dengan prosedur radioterapi. Terapi hormon sebelum radioterapi bertujuan meningkatkan kesuksesan pengobatan. Sementara, terapi hormon pasca radioterapi untuk mengurangi kemungkinan kembalinya sel-sel kanker.

Pengobatan pada Tulang

Membuat penderita merasa nyeri, apabila kanker prostat sudah menyebar hingga ke tulang, penyebarannya akan  terjadi keretakan tulang, atau kadar kalsium tinggi dalam darah. Tujuannya  mencegah atau memperlambat penyebaran kanker ke tulang.

Vaksinasi Kanker

Vaksin kanker ini bekerja dengan mendorong sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker prostat. Vaksin ini dikonsumsi bukan untuk mencegah kanker berkembang, tetapi memperpanjang usia hidup penderita beberapa bulan.

Mengobati Kanker Stadium Akhir

Kanker prostat stadium akhir tidak lagi bisa disembuhkan. Pengobatannya hanya untuk memperlambat perkembangan, memperpanjang usia, dan meredakan gejala yang ada.

Itulah informasi yang bisa disampaikan mengenai penanganan kanker prostat yang di anjurkan semoga dapat bermanfaat.

Penanganan Kanker Prostat yang Dianjurkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment