Sunat Dapat Mencegah Kanker Prostat



tmknajidyahoo.blogspot.com - Sunat (Khitan) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis, untuk menjaga kebersiahn organ intim. Sunat juga ternyata dapat mencegah perkembangan penyakit mematikan seperti kanker prostat. 

Menurut riset terbaru yang dipimpin para ilmuan dari Fred Hutchinson Cancer Research Center telah menemukan bahwa sunat sebelum hubungan seksual pertama seorang pria dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Dan di publikasikan secara online dalam American Cancer Society. Studi menunjukan sunat bisa menghambat infeksi dan peradangan yang dapat menyebabkan keganasan kanker prostat.

Sudah diketahui, infeksi bisa menyebabkan kanker. Berdasarkan penelitian bahwa infeksi menular seksual dapat berkontribusi pula pada perkembangan kanker prostat.Atas dasar itulah, Maka Sunat dianggap mampu melindungi seseorang dari perkembangan beberapa kasusu kanker prostat. Temuan ini di pimpin oleh Jonathan L. Wright, MD seorang ilmuan dari Hutchinson Center Publik Health Sciences. Dalam risetnya, Wright dan rekan menganalisis informasi dari 3.399 laki-laki (1.754 dengan kanker prostat dan 1.645 tanpa kanker prostat). 

Hasil menunjukan pria yang telah di Sunat sebelum hubungan seksual pertama mereka, 15% lebih rendah untuk terserang kanker prostat daripada pria yang tidak disunat. 12% penurunan risiko kanker prostat yang kurang agresif dan 18% penurunan risiko kanker prostat yang lebih agresif bagi pria yang disunat sebelum melakukan hubungan seksual pertama mereka.

Penelitian juga menjelaskan bahwa infeksi menular seksual dapat memicu kanker prostat yang disebabkan oleh peradangan kronis dan menciptakan lingkungan yang ramah bagi pertumbuhan sel kanker. Sedangkan pada pria yang disunat, infeksi menular seksual dan kanker prostat dapat dicegah oleh ketangguhan kulup bagian dalam dengan membersihkan ruangan lembab di bawah kulup yang diketahui bisa membantu patogen bertahan hidup. 

Dr Wright sebagai asisten profesor urologi di university of washington school of medicine berkata "Data ini sejalan dengan jalur infeksi atau peradangan yang mungkin memainkan peran penting dalam perkembangan kanker prostat pada beberapa pria, meski hanya observasional, data ini menunjukan mekanisme biologis yang masuk akal dimana sunat mungkin mengurangi risiko kanker prostat. Namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat hubungan ini". 

Sunat Dapat Mencegah Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment