Vitamin Pelindung Kesehatan Prostat


Ini dia, Vitamin D Pelindung Untuk Kesehatan Prostat

tmknajidyahoo.blogspot.com - Terdapat penelitian di Amerika yang menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin D pada tubuh bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker prostat dan bisa mempercepat penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh Anda.

Dalam penelitian ini, para peneliti memeriksa kadar vitamin D di dalam darah yaitu 667 orang pria yang berusia antara 40-79 tahun yang mempunyai kadar PSA yang abnormal atau mempunyai hasil pemeriksaan dubur yang abnormal, sebelum mereka menjalankan pemeriksaan biopsy pertamanya.

Adapun kemudian para peneliti menemukan bahwa defisiensi (kekurangan) vitamin D berat ternyata berhubungan dengan terjadinya kanker prostat yang lebih agresif dan lebih berat atau masuk pada stadium lanjut.

Vitamin D sudah terbukti bisa membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat pada hewan percobaan yang menderita kanker prostat. Tidak hanya itu, vitamin D juga bia membantu mengatur pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru, yang penting untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh Anda.

Di ketahui bahwa kadar vitamin D di dalam darah yang diperlukan oleh tubuh bagi pria ialah antara 30-80 ng/ml. Hal ini karena para peneliti menemukan bahwa pria keturunan Afrika-Amerika (16.7 ng/ml) cenderung mempunyai kadar vitamin D didalam darah yang lebih rendah dibandingkan dengan pria keturunan Eropa-Amerika (19.3 ng/ml).

Dengan demikian, jika kadar vitamin D di dalam darah sangat rendah, maka pria keturunan Afrika-Amerika mempunyai resiko untuk menderita kanker prostat agresif 5x lipat lebih tinggi dibandingkan dengan pria lainnya.

Sedangkan seorang pria yang memiliki keturunan Eropa-Amerika mempunyai resiko untuk menderita kanker prostat agresif 3.5x lipat lebih tinggi dibandingkan pria lainnya jika mempunyai kadar vitamin D yang rendah di dalam darah.

Para peneliti telah menduga hal ini mungkin dikarenakan pria keturunan Afrika-Amerika mempunyai lebih banyak melanin di kulitny, yang akan mencegah paparan sinar UV dan pembentukan vitamin D.

Adapun kadar vitamin D di dalam tubuh seseorang bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti dimana tempat tinggal Anda, apa warna kulit Anda, dan bagaimana iklim atau cuaca lingkungan tempat tinggal.

Dalam memastikan agar Anda mempunyai kadar vitamin D yang memadai di dalam tubuh dan dapat melindungi kesehatan prostat Anda, maka pasgtikan Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D seperti tuna, salmon, susu, jus buah, dan juga sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Adapun orang dewasa akan membutuhkan setidaknya 600 IU vitamin D setiap harinya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai vitamin pelindung untuk menjaga kesehatan prostat Anda. Semoga bermanfaat.

Vitamin Pelindung Kesehatan Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment