Tindak Lanjut, Pencegahan, dan Prognosis



Tindak Lanjut Infeksi Prostat

Dalam infeksi prostat tindakan lanjut sangatlah penting untuk memastikan infeksinya telah sembuh. Seperti pada prostatitis bakteri kronis, tes lanjutan setelah perawatan antibiotik telah berhenti mungkin mengidikasikan bahwa diperlukan tambahan waktu untuk menghentikan atau mengendalikan infeksi. Pemeriksaan tindak lanjut tambahan dapat bermanfaat bagi beberapa pasien, apabila kelainan saluran kencing ditemukan.

Faktor Risiko Prostat Dan Pencegahan 

Berikut beberapa faktor risiko yang tidak bisa dicegah sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi prostat akut dan kronis, ialah:
  • Sebelumnya pernah mengalami Infeksi prostat.
  • Umumnya terjadi pada pria muda atau setengah baya.
  • Mengalami trauma pelvis.
  • Faktor genetika dan stres.

Sedangkan metode pencegahan atau metode untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi prostat ialah:
  • Menjaga asupan cairan tubuh dengan baik.
  • Menghindari penyakit menular seksual.
  • Mengindari cedera ringan atau tidak terdeteksi dengan bersepeda atau menunggang kuda.
  • Dan Menghindari aktivitas lain yang dapat menyebabkan cedera pangkal paha.

Prognosis Infeksi Prostat

Umumnya prognosis untuk infeksi prostat bakteri Akut sangat baik apabila ditangani dengan tepat dengan antibiotik yang efektif. Prognosis untuk infeksi prostat bakteri Kronis kurang atau tergantung pada individu karena infeksi prostat bakteri kronis merupakan penyakit rekuren (berulang) dan sulit disembuhkan, dan tingkat kesembuhannya lebih sedikit dari tipe infeksi prostat bakteri akut.

Tidak ada bukti yang menunjukan bahwa tiap infeksi prostat meningkatkan risiko urinalisis. Hanya sedikit pria dengan protatitis bakteri akut yang menjadi prostatitis bakteri kronis. Dokter harus mengevaluasi saluran kemih bagian atas mereka setelah Semubuh.

Setengah dari pria dengan prostatitis bakteri kronis yang akan disembuhkan (70% dalam beberapa penelitian). Relaps sering terjadi juga bisa menyebabkan masalah psikologis, kuhususnya depresi.

Demikianlah pembahasan mengenai tindak lanjut, pencegahan, dan prognosis infeksi prostat. Semoga bermanfaat.

Tindak Lanjut, Pencegahan, dan Prognosis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment