Mencegah Kanker Prostat Dengan Tomat

Apakah benar tomat bisa mencegah terjadinya kanker prostat? Inilah faktanya.

Khasiat Tomat Untuk Mencegah Kanker Prostat



Ada baiknya para pria menggemari tomat dan mengkonsumsinya sebagai menu yang utama. Pasalnya, buah tomat ini mempuntai banyak khasiat termasuk salah satunya ialah dapat mencegah penyakit kanker prostat. Penyakit ini merupakan kondisi yang terjadi saat selkelenjar prostat menjadi ganas dan terus-menerus membesar tidak terkendalikan.

Prostat adalah kelenjar yang memproduksi air mani sebagai nutrisi untuk sperma. Kelenjar ini secara spesifik hanya dimiliki oleh kaum pria sehingga utamanya kanker prostat ini hanya akan dialamioleh pria. Adapun di antara tipe kanker yang bisa terjadi pada pria, kanker prostat menduduki urutan pertama, baik dalam hal jumlah maupun angka kematian akibatnya.

Bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan dari seratus ribu laki-laki, ada 99 kasus baru kanker prostat dan 19 orang mengalami kematian akibat keganasan tersebut.

Biasanya, kanker prostat dialami oleh pria yang berusia 50 tahun ke atas. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menjalankan pemeriksaan diri untuk mendeteksi adanya tanda-tanda kanker prostat dan melakukan pencegahan, salah satunya dengan konsumsi tomat.

Konsumsi tomat sebagai pencegahan kanker prostat


Diketahui bahwa tomat mengandung zat lycopene yang merupakan antioksidan kuat. Kandungan ini mampu mencegah terbentuknya radikal bebas yang menggiring pada terbentuknya sel kanker. Selain itu, para peneliti pun telah mencoba membuktikan hal ini dan mendapatkan hasil yang cukup menjanjikan.

Pria yang banyak mengkonsumsi tomat memiliki risiko lebih kecil untuk terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang jarang makan tomat. Tidak hanya itu, pada penderita yang tengah mengalami kanker prostat, kandungan lycopene dalam tomat akan membantu memperlambat pertumbuhan terhadap sel kanker dan dapat melindungi sel prostat yang masih normal dari kerusakan.

Meski belum diketahui secara pasti dengan jumlah yang harus dikonsumsi untuk mencegah kanker prostat, namun tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi tomat setiap hari karena secara keseluruhan tomat memang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Terdapat juga hal yang harus diperhatikan ilah cara mengkonsumsi tomatnya. Lycopene terikat dengan kuat pada dinding sel sehingga sulit dicerna oleh tubuh bila Anda mengonsumsi tomat secara utuh. Adapun untuk khasiat yang lebih maksimal, ada baiknya tomat diolah terlebih dahulu agar lycopene tersebut terlepas dan mudah di serap oleh tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus, dibuat pasta, atau di campur dalam sup.

Cara lainnya untuk menghindarkan diri dari prostat


Selain dengan mengonsumsi tomat, sejumlah hal berikut ini juga bisa menjauhkan Anda dari risiko kanker prostat yakni:
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Konsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi serat
  • Berhenti merokok
  • Menjalankan olahraga secara rutin


Apabila Anda mempunyai sanak keluarga yang mengalami kanker prostat, berarti Anda pun mempunyai risiko untuk mengalami penyakit serupa. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin agar Anda tidakk terkena penyakit yang sama. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat yang konsisten, termasuk dengan rutin mengkonsumsi tomat dan makanan sehat lainnya.

Mencegah Kanker Prostat Dengan Tomat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment