Khasiat Brokoli Untuk Kanker Prostat

Tahukah Anda, ternyata brokoli mempunyai khasiat untuk yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Ingin tahu informasi selengkapnya? Simak ulasan berikut ini.

Brokoli Hambat Pertumbuhan Kanker Prostat



Bukan dengan tanpa alasan bahwa penderita kanker prostat disarankan untuk banyak mengonsumsi brokoli. Kandungan yang terdapat pada brokoli diketahui mampu menekan sel kanker di dalam tubuh.

Tanaman bernama latin Brassica oleracea ini atau brokoli ialah sayuran yang berasal dari suku Cruciferae (kubis-kubisan) yakni masih satu keluarga dengan kol, kubis, dan kale. Sayur-sayuran ini sering disebut dengan sayuran super karena dikenal dengan manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Brokoli kaya akan berbagai macam zat gizi seperti serat, zat besi, kalium, vitamin C, dan vitamin K. Bahkan brokoli mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan sayuran yang lainnya.

Sebenarnya brokoli dapat dikonsumsi mentah maupun matang. Akan tetapi, menurut penelitian terkini menunjukan bahwa brokoli yang dikukus akan memberikan manfaat kesehatan yang paling tinggi.

Adapun penelitian juga menunjukan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi brokoli, mempunyai risiko kanker prostat yang lebh rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Mengapa ini bisa terjadi?

Ternyata selain vitamin dan mineral, brokoli juga mengandung sulforaphane. Senyawa ini diyakini mempunyai efek mengurangi peradangan, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sulforaphane adalah senyawa terbanyak yang terdapat di dalam tanaman brokoli. Kandungannya pada tunas-tunas brokoli muda 20-100 kali lebih banyak dibandingkan dengan brokoli tua. Selain itu, senyawa ini juga memengaruhi ekspresi gen yang menekan pertumbuhan sel tumor. Sehingga secara tidak langsung, brokoli akan menurunkan risiko seseorang mengalami kanker prostat.

Tidak hanya itu, akhir-akhir ini pun diketahui bahwa senyawa Sulforaphane telah dipakai sebagai suplemen pengobatan kanker prostat. Sulforaphane mampu membuat kerja obat-obat kemoterapi kanker prostat lebih efektif.

Selain untuk pengobatan kanker prostat, brokoli juga mempunyai khasiat dalam mengecilkan prostat yang membesar. Ini merupakan kondisi yang disebut dengan Hiperplasia Prostat Jinak (Benign Prostate Hyperplasia/BPH) yakni salah satu gangguan yang dapat terjadi pada prostat.

Dengan demikian, penderita kanker prostat disarankan untuk mengkonsumsi brokoli sedikitnya empat porsi per minggu supaya memberikan efek yang signifikan.

Informasi obat herbal yang efektif untuk kanker prostat bisa Anda kunjungi halaman ini >> Pengobatan Prostat Secara Cepat Dan Alami Tanpa Operasi

Itulah sejumlah khasiat brokoli untuk pengobatan kanker prostat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Khasiat Brokoli Untuk Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment