Kurangi Risiko Kanker Prostat Dengan Minum Kopi

Minum kopi bukan hanya sekedar bagian dari gaya hidup, ternyata minum kopi juga bisa meningkatkan taraf kesehatan kita yaitu salah satunya adalah dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Minum Kopi Dapat Mengurangi Risiko Kanker Prostat?



Kopi merupakan minuman yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Khasiat kopi yang mampu membuat kita merasa segar dan akan meningkatkan daya konsentrasi juga telah diketahui oleh banyak orang.

Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa kopi mempunyai khasiat tersembunyi bagi pria. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa minum kopi bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Mengenal Soal Prostat


Prostat ialah salah satu organ yang terdapat pada sistem reproduksi pria yang memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan prostat yang akan menjadi pelindung sperma.

Kanker prostat ini merupakan salah satu kanker yang paling umum terjadi pada pria. Sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan terkena kanker prostat di antaranya yakni usia, etnik tertentu, dan riwayat kanker pada keluarga. Adapun faktor-faktor lainnya ialah karena hormon, diet, kegemukan, dan aktivitas fisik juga berkaitan dengan penyakit kanker prostat ini.

Hubungan antara kopi dan kanker prostat


Terdapat penelitian yang menghubungkan antara konsumsi kopi dan kanker prostat yang dilakukan sejak tahun 1960-an. Di beberapa tahun terakhir ini terdapat lebih dari 10 penelitian mengenai manfaat kopi dalamm menurunkan risiko kanker prostat. Sebanyak 8.973 pria dengan kanker prostat dan 206.096 partisipan dari berbagai belahan dunia yang terlibat pada penelitian-penelitian tersebut.

Ternyata hasilnya menunjukan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria secara signifikan. Dibandingkan dengan pria yang jarang atau tidak pernah minum kopi. Diketahui bahwa meminum kopi dengan teratur bisa menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 12%.

Lantas, kita pasti bertanya mengapa mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat? Terdapat 4 zat utama yang terkandung di dalam kopi yang bisa menurunkan risiko kanker prostat. Adapun ke-4 zat ini akan bersinergi memberikan efek positif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat. Ke-4 zat tersebut antara lain:
  • Kafein yakni mampu menekan pertumbuhan sel tumor.
  • Cafestol dan kahweol yang merupakan efek antikanker.
  • Asam klorogenik yang mempunyai efek antioksidan pada tubuh.


Meski demikian, hal ini tidak serta merta menjadi alasan untuk mengkonsumsi kopi sebanyak-banyaknya. Sebab kopi juga bersifat asam, minum kopi terlalu sering juga tidak akan baik untuk tubuh terutama bagi lambung. Karena itu, konsumsilah kopi yang telah dianjurkan yakni tidak melebihi dari 2 cangkir per hari.

Selain itu, pilihlah kopi yang rendah kadar asam untuk mengurangi dampak negatif terhadap lambung. Apabila Anda terbiasa minum kopi manis, cobalah untuk mengganti gula Anda dengan gula yang rendah kalori untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah Anda.

Demikianlah informasi mengenai cara mengurangi risiko kanker prostat dengan minum kopi. Semoga dapat bermanfaat.

Kurangi Risiko Kanker Prostat Dengan Minum Kopi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment