Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat?

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian bagi pria. Akan tetapi, masalahnya ialah seringkali gejala awal dari kanker ini tidak dapat benar-benar terdeteksi sehingga pria akan baru menyadarinya sesudah kondisinya telah sangat parah.

Benarkah Air Liur Dapat Mendeteksi Kanker Prostat?



Terdapat penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris yang menyatakan bahwa bisa menemukan sebuah cara untuk mendeteksi kanker prostat, yakni hanya dengan menggunakan air liur. Fakta ini terungkap setelah para ahli peneliti mengecek informasi genetik dari 140.000 pria. Sebagai informasi, dari 140.000 data pria yang dipelajari, 80.000 diantaranya mengalami kanker prostat.

Dari data tersebut, pria yang terkena kanker prostat diketahui bahwa mereka mengalami 63 perubahan genetik yang dapat dideteksi melalui air liur yang meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Jumlah perubahan genetik ini menambah banyak jumlah gen yang terkait dengan kanker prostat yang sebelumnya mencapai 100 buah.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para ahli gabungan dari Institute of Cancer Research (ICR) London dan Cambridge University ini, menyatakan bahwa pria yang telah melakukan tes dengan air liur dan di anggap mempunyai faktor risiko kanker prostat yang tinggi dapat menjalankan pemeriksaan pemeriksaan dengan teratur serta menjaga gaya hidupnya dengan lebih baik sehingga dapat mencegah datangnya penyakit mematikan ini.

Penggunaan metode pendeteksian air liur, menjadikan banyak pria yang tak lagi perlu melakukan biopsy sehingga mereka pun dapat menghemat lebih banyak waktu dan uang.

Profesor Ros Eles yang terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan “Kami baru saja menemukan informasi terbaru tentang faktor genetik yang bisa mempengaruhi risiko seseorang terkena kanker prostat. Dengan adanya lebih dari 150-an varian genetik yang dianggap berpotensi terkena penyakit ini, kita bisa semakin baik dalam mencegah kedatangan penyakit ini,”

Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fani sari lustiany

0 comments:

Post a Comment