Makanan Pantangan Penderita Penyakit Prostat


Makanan Pantangan Penderita Penyakit Prostat


Untuk pemulihan dan kesembuhan dari gangguan atau penyakit prostat yang lebih cepat, tentu saja ada beberapa makanan pantangan yang perlu diikuti. Berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari dan harus ekstra dibatasi agar tidak menyebabkan memperburuk kondisi prostat, antara lain:

Minuman Beralkohol

Memang telah sangat jelas bahwa minuman beralkohol sebaiknya tidak dikonsumsi. Sebab meminum minuman beralkohol akan merusak kesehatan dan mengganggu sistem saraf segala organ tubuh. Pada gangguan prostat, minuman beralkohol ini akan menyebabkan peningkatan iritasi pada kantung kemih sehingga urine akan tertahan yang akibatnya akan memperparah kondisi gangguan prostat Anda.
Apabila ingin mendapatkan tubuh senantiasa sehat dan bugar, hindarilah minuman beralkohol ini.

Minuman Ringan

Minuman sejenis soft drink apapun tidak baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena sifat karsinogen di dalam setiap soft drink terbilang cukup tinggi. Meski rasanya banyak digemari karena rasanya enak, tetap janganlah lupa untuk mengetahui bahaya kandungannya. Tidak hanya itu, minuman ringan dingin atau yang menggunakan es akan membuat peredaran darah kurang lancar.

Sayuran Tertentu

Ada beberapa jenis sayuran yang tidak dianjurkan dikonsumsi bagi orang-orang yang mengidap penyakit atau mengalami gangguan pada prostatnya. Kangkung, tauge, dan sawi putih merupakan jenis sayur yang sebaiknya tidak dikonsumsi apabila Anda tengah mengkonsumsi obat prostat. Sayuran-sayuran ini diketahui akan membuat efektivitas obat tersebut menjadi berkurang, dan di dalam touge juga diketahui terdapat senyawa yang mampu mendorong perkembangan sel-sel kanker.

Buah Tertentu

Bagi penderita kanker prostat, buah seperti anggur, nanas, duku,nangka, kelengkeng, dan durian sangat wajib untuk dihindari. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut mengandung kadar alkohol yang sangat tinggi di dalamnya tentunya ketika sudah dalam keadaan matang sekali. Aktivitas sel kanker akan dengan mudah berkembang karena terkena stimulasi atau rangsangan dari efek alkohol tersebut.

Daging dan Ikan Asin

Hati-hatilah untuk Anda penikmat ikan asin karena ikan jenis ini telah melalui pengolahan dengan menggunakan bahan-bahan tidak segar yang mengurai dan menjadi bahan alergen sehingga reaksi imunpun keluar yang mengakibatkan kondisi tidak bagus untuk penderita kanker sebab akan muncul rasa nyeri di area tubuh yang terserang kanker, termasuk kanker pada prostat.
Sementara daging merah sejenis yakni sejenis daging sapi, kambing, kerbau dan babi akan dapat memfasilitasi pertumbuhan sel abnormal yang muncul di jaringan tubuh atau yang sering kita sebut dengan tumor.

Makanan Laut Tertentu

Tidak semua jenis seafood boleh dimakan oleh penderita gangguan prostat, karena beberapa malah akan meningkatkan risiko yang lebih buruk. Contoh makanan laut yangtidak dianjurkan untuk penderita gangguan prostat diantaranya kepiting, cumi, udang, dan juga kerang. Cumi sendiri merupakan makanan laut yang mengandung lemak tinggi sehingga tidak akan bagus untuk yang terkena gangguan prostat dipicu oleh obesitas dan makanan berlemak. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga memang pada dasarnya perlu dihindari oleh penderita kanker sebab mampu merangsang sel-sel kanker berkembang lebih cepat.

Makanan yang Dibakar

Penting untuk diketahui, bahwa makanan yang dibakar mempunyai proses pembakaran yang membuat beberapa sisinya menjadi gosong. Bagian inilah yang dapat berbahaya karena terdapat zat karsinogen (zat pemicu kanker, termasuk dapat memicu kanker prostat) di dalamnya.

Daging Unggas

Untuk Anda yang mengidap gangguan prostat atau tengah mengalami gejala-gejalanya, dianjurkan unntuk menghindari mengkonsumsi daging unggas. Hal ini karena kebanyakan peternak menggunakan obat-obatan kimia yang tujuannya sebagai pemacu pertumbuhan ternak unggas mereka. Bahkan beberapa peternak menambahkan hormon dalam bentuk suntikan dengan tujuan agar ada peningkatan bobot secara cepat. Adapun pemberian hormon ini ada miropnya dengan hormon anabolic yang ditemukan pada manusia dan diduga mampu menjadi penyebab kanker kelenjar dan kanker prostat.

Makanan Dengan Pengawet

Selama mengalami gangguan prostat, hindarilah makanan-makanan berbahan pengawet agar dapat pulih dan sembuh lebih cepat. Alasannya ialah karena terdapat beberapa senyawa kimia berbahaya di dalam setiap makanan yang diawetkan dan mampu berubah menjadi karsinogen.

Itulah beberapa makanan pantangan bagi penderita penyakit atau gangguan prostat yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda.Terima kasih.

Makanan Pantangan Penderita Penyakit Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment