5 Hal Mengejutkan Pemicu Kanker Prostat Agresif

Kanker prostat memang dapat menyerang setiap pria, kapan saja. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hal-hal yang akan membuat Anda menjadi lebih rentan terserang oleh penyakit kanker prostat ini. Tidak hanya usia dan gaya hidup tidak sehat, ternyata 5 hal tak terduga ini juga dapat menjadi faktor risiko terkena kanker prostat. Silahkan simak informasi lengkapnya berikut ini.

5 Hal Mengejutkan Pemicu Kanker Prostat Agresif



Mengenal Jenis Kanker Prostat

Kanker prostat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Kanker prostat yang muncul dengan perlahan-lahan. Umumnya faktor risiko jenis ini ialah usia, yakni tingkat kejadian kanker prostat pada pria di bawah usia 40 tahun masih sangat rendah. Akan tetapi, jika usia semakin bertambah maka akan lebih rentan terkena kanker prostat. Adapun obesitas dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kanker prostat.

2. Kanker Prostat Agresif. Yaitu jenis kanker yang jauh lebih cepat menyebar ke bagian tubuh lain diluar prostat. Untuk itu, kanker prostat agresif ini lebih fatal dari pada kanker prostat yang risikonya rendah atau sedang.

Faktor Risiko Kanker Prostat Yang Tak Terduga Sebelumnya


Karena berbeda jenisnya, faktor resiko yang dapat memengaruhi kanker inipun juga berbeda. Berat badan berlebih atau obesitas dan usia justru biasanya bukan termasuk pada faktor resiko kanker prostat agresif. Adapun 5 hal berikut ini yang perlu Anda waspadai, yaitu:

1. Ukuran Pinggang Perut

Obesitas memang akan lebih riskan dalam risiko kanker prostat yang ringan atau sedang. Namun pada kanker prostat yang agresif, bukan berat badan atau kadar lemak dalam tubuh yang menjadi tolak ukurnya.
Menurut penelitian, orang yang mempunyai lingkar pinggang lebar atau orang dengan perut buncit lebih beresiko terkena kanker prostat agresif. Para ahli menduga bahwa penumpukan lemak di area tersebut berkaitan erat dengan pertumbuhan sel kanker di prostat.

2. Tinggi Badan

Berdasarkan sejumlah penelitian pada jurnal BMC Medicine tahun 2017 mengungkap bahwa pria berumbuh tinggi lebih beresiko mengalami kanker prostat agresif dari pada kanker prostat dengan resiko rendah atau sedang.
Walaupun tinggi badan bukanlah penyebab kanker, akan tetapi para ahli melihat bahwa pria yang bertubuh tinggi biasanya memang memiliki lebih banyak selserta volume prostat yang lebih besar. Jika digabungkan dengan faktor resiko lainnya seperti nutrisi tidak seimbang ataupun gen keturunan dari orang tua, kemungkinan tumbuhnya sel kanker pada prostat pria tinggi akan jadi lebih besar dari pada pada pria dengantinggi badan sedang atau pendek.

3. Asupan Kalsium Tinggi

Pada jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention tahun 2008, para ahli menyatakan bahwa seseorang dengan kadar kalsium dalamdarahnya terlalu tinggi lebih rentan mengalami kanker prostat agresif. Umumnya hal ini terjadi pada pria yang sering mengkonsumsi suplemen kalsium.
Dengan bantuan hormon paratiroid, tubuh Anda akan secara otomatis menyeimbangkan kadar kalsium dalam darah. Akan tetapi, menurut beberapa peneliti, produksi hormon ini secara berlebihan dapat menjadi faktor risiko kanker prostat agresif.

4. Kurang Gerak

Pria yang kurang bergerak dengan aktif dan tidak suka berolahraga serta menalani gaya hidup sedenter tentu akan lebih beresiko mengalami penyakit kanker prostat agresif. Gaya hidup sedenter sendiri banyak dijalani oleh pekerja kantoran yang sehari-hari duduk dihadapan layar komputer.

5. Keturunan

Pria yang memiliki keturunan dengan riwayat penyakit kanker prostat entah dari kakek atau ayahnya, memiliki 2 kali resiko lebih besar untuk mengidap kanker prostat agresif. Resiko ini dapat menjadi lebih tinggi jika anggota keluarga Anda ada yang pertama kali mengidap kanker prostat di bawah usia 65 tahun.

Itulah 5 hal mengejutkan yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker prostat agresif. Untuk itu, perhatikanlah hal-hal tersebut agar dapat menghindari atau mencegah kanker prostat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

5 Hal Mengejutkan Pemicu Kanker Prostat Agresif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment