Kadar PSA Tinggi Tidak Selalu Berarti Mengidap Kanker Kelenjar Prostat

Umumnya kadar PSA yang tinggi sering langsung dikaitkan dengan adanya kanker prostat. Padahal pria yang mempunyai kadar PSA tinggi bisa saja tengah mengalami kondisi lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kanker kelenjar prostat.

Prostate secific antigen (PSA) atau antigen spesifik prostat ialah protein yang dihasilkan oleh sel-sel kelenjar prostat. Jika seseorang diduga menderita kanker prostat, maka akan disarankan untuk menjalani tes PSA, yakni tes darah untuk melihat asa tau tidak adanya kanker kelenjar prostat. Tes inipun sering dilakukan dalam memantau perkembangan pada pengobatan kanker kelenjar prostat yang sedang dilakukan.

Kelenjar prostat ini terletak tepat dibawah kandung kemih pada pria yang memeliki fungsi untuk melindungi serta memperkaya sperma. PSA dihasilkan oleh kelenjar prostat dan makin tinggi kadar PSA didalam darah, berarti ada sesuatu yang terjadi pada kelenjar prostat Anda.


Kadar PSA yang Normal


kadar normal PSA normal dapat berbeda-beda, hal ini bergantung pada usia masing-masing. Dan inilah kadar PSA Normal yang sangat penting untuk diketahui:
  • Usia 40-49 kadar PSA normal 2,7
  • Usia 50-59 kadar PSA normal 3,9
  • Usia 60-69 kadar PSA normal 5,0
  • Usia 70-75 kadar PSA normal 7,2

Penyebab Lain yang Membuat Kadar SPA Tinggi

Jangan mengira kadar PSA yang tinggi merupakan tanda-tanda adanya kanker pada kelenjar prostat Anda, sebab ada beberapa penyebab lain yang juga memungkinkan terjadinya kadar PSA dalam darah tinggi. Yaitu:

Faktor penambahan usia

Meskipun kelenjar prostat tidak mengalami perubahan apa-apa serta tidak sedang dalam penanganan medis, kadar PSA dalam darah bisa meningkat dengan sendirinya. Anda tidak usah khawatir, karena hal ini juga dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Namun walaupun ini adalah hal yang normal, Anda disarankan tetap mempertahankan kadar PSA pada tingkat yang rendah.

Hubungan seksual

Kadar PSA dalam darah juga dapat meningkat setelah Anda melakukan hubungan seksual. Pada kondisi yang baik, biasanya kadar PSA akan kembali normal 2-3 hari setelah berhubungan intim. Untuk itu, jika seseorang ingin menjalani tes PSA, tidak diperkenankan untuk berhubungan seksual 48 jam menjelang jadwal tes.

Mengendarai sepeda

Beberapa ahli medis menyatakan bahwa terlalu lama mengendarai sepeda bisa meningkatkan kadar PSA. Akan tetapi, sebagian ahli medis ada yang tidak setuju dengan hal ini karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Peradangan kelenjar Prostat

Kelenjar prostat dapat mengalami peradangan yang dikenal dengan istilah prostatitis. Dan peradangan inilah yang bisa menyebabkan kadar PSA menjadi tinggi. Prostatitis biasanya menyerang pria dengan usia yang kurang dari 50 tahun.

Penganan medis

Semua penanganan medis yang dilakukan pada sekitar kelenjar prostat biasanya akan menjadikan kadar PSA meningkat, karena kelenjar prostat mengalami trauma. Adapun contoh penanganan medis semacam itu ialah pemasangan kateter di dalam kandung kemih. Dianjurkan untuk menunggu 2-3 minggu pasca tindakan sebelum melakukan tes PSA.

Pembesaran kelenjar prostat

benign prostatic hyperplasia (BPH) ialh suatu kondisi saat kelenjar prostat mengalami pembesaran. Ketika terjadi BPH, jumlah sel diprostat akan menjadi lebih banyak. Kelebihan sel itulah yang kemudian turut membentuk PSA sehingga kadar PSA akan menjadi semakin tinggi. Jika tidak menimbulkan apa-apa, BPH tidak perlu disembuhkan. Akan tetapi ada kalanya BPH bisa menyebabkan sulit untuk buang air kecil atau justru sering buang air kecil. Saat terjadi kondisi ini, maka BPH perlu ditangani.

Infeksi saluran kemih

Terdapatnya infeksi pada saluran kemih juga dapat menyebabkan peningkatan kadar PSA. Hal ini terjadi karena iritasi pada kelenjar prostat sehingga produksi sel prostat menjadi lebih banyak. Untuk itu, apabila Andaingin menjalani tes PSA, tunggulah sampai infeksi saluran kemih sembuh agar hasil pemeriksaan dapat lebh akurat.

Cara Menurunkan Kadar PSA

Untuk terhindar dari berbagai gangguan yang terkait dengan kelenjar prostat, Anda disarankan supaya menjaga kadar PSA dalam darah selalu normal. Adapun caranya ialah sebagai berikut:
  • Menghindari makanan atau minuman yang bisamemicu naiknya kadar PSA. Seperti makanan atau minuman hasil olahan susu, antara lain susu sapi, yoghurt, keju, serta daging sapi.
  • Perbanyaklah makanan yang kaya akan antioksidan. Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Konsumsilah lebih banyak tomat karena mengandung likopen yang dapat melindungi jaringan dari kerusakan. Selain itu, tomat juga bersifat menurunkan risiko kanker prostat dan menurunkan kadar PSA.
  • Meminum jus delima. Zat antioksidan yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid, anthocyanin, dan phenolic dipercaya dapat menghambat sel kanker dan memperlambat naiknya PSA.
  • Untuk mendapatkan instruksi lainnya tentang bagaimana cara menurunkan kadar PSA, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter. Agar dokter dapat meresepkan obat-obatannya.

Mulailah peduli dengan kadar PSA dalam darah saat ini juga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda semua. Terima kasih.

Kadar PSA Tinggi Tidak Selalu Berarti Mengidap Kanker Kelenjar Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment