Fakta Pengobatan Alternatif Gangguan Kelenjar Prostat

Beberapa gangguan yang dapat terjadi pada kelenjar prostat yakni kanker prostat dan pembesaran prostat jinak. Kanker prostat merupakan kanker yang terjadi pada prostat pria, yaitu kelenjar kecil yang terletak di antara penis dan kandung kemih, berbentuk seperti kenari dan menghasilkan cairan mani. Umumnya kanker prostat tumbuh dengan lambat sehingga hanya memerlukan pengobatan minimal. Namun, ada juga jenis kanker prostat yang bisa menyebar dengan cepat.

Pengobatan Alternatif Kanker Prostat dan Pembesaran Prostat Jinak



Banyak dari masyarakat Indonesia yang juga mencari solusi teknik pengobatan alternatif kanker prostat. Seperti dengan mengkonsumsi tanaman yang di percaya bisa menyembuhkan penyakitnya. Adapun berikut ini beberapa pengobatan alternatif  yang diketahui dapat menyembuhkan kanker prostat dan pembesaran prostat jinak, diantaranya:

  • Buah Delima

Jus buah delima diduga mempunyai efek pencegahan dan juga pengobatan terhadap kanker prostat pada manusia. Tidak hanya itu, meminum 1 gelas jus buah delima setiap hari bahkan dipercaya bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi pada buah delima dapat melawan sel-sel kanker.

  • Pohon plum Afrika

Di negara asalnya, yakni Afrika. Ekstrak pohon plum ini digunakan sebagai pengobatan masalah buang air kecil dan kandung kemih yang terkait dengan pembesaran prostat jinak. Sementara di Eropa ekstrak kulit pohon plum Afrika juga dipercaya dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan pembesaran prostat jinak, seperti sering buang air kecil di malam dan siang hari.

  • Likopen

Mengkonsumsi tomat serta buah-buhan yang mengandung likopen diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kanker prostat. Dan bahkan likopen juga mampu menghambat pertumbuhan tumor prostat. Kandungan likopen dapat ditemukan pada tomat, aprikot, semangka, dan jambu bji merah.

  • Saw palmetto berry

Pada tahun 1870 sampai 1950, Saw palmetto berry sudah digunakan sebagai pengobatan alternatif alami untuk gangguan prostat di Amerika Serikat meskipun tidak terdaftar sebagai obat. Sedangkan di Eropa buah Saw palmetto berry ini masih digunakan sebagai pengobatan alternatif pembesaran prostat jinak yang telah disetujui oleh komisi pengobatan herbal di Jerman.

  • Jintan Hitam Atau Habbatussauda

Jintan hitam mempunyai kandungan senyawa aberupa antioksidan etanol yang diketahui dapat menghambat keganasan sel-sel kanker dan perkembangannya, termasuk pada kanker prostat. Etanol ditemukan menghasilkan sekitar 80% efek perlindungan terhadap stres oksidatif dalam tubuh. Adapun jka terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh bisa membuat tubuh mengalami stress oksidatif, yang dapat memicu berbagai kerusakan sel dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian asal University of Malaysia tahun 2014 dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa minyak habbatussauda meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik.

Itulah beberapa fakta pengobatan alternatif untuk gangguan prostat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Fakta Pengobatan Alternatif Gangguan Kelenjar Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment