Kondisi Kesehatan Pria menurut Warna Spermanya

tmknajidyahoo.blogspot.com - Banyak yang mengenal bahwa warna sperma atau air mani itu berwarna putih dengan kekentalan yang berbeda-beda. Dan belum banyak yang tahu bahwa ternyata air mani atau sperma memiliki beragam warna dan masing-masing warna dapat menandakan kesehatan bagi pria.



Berikut macam-macam warna sperma dan artinya bagi kesehatan pria:

  • Putih pekat

Sperma yang keluar ketika ejakulasi berwarna putih pekat dan kekentalan tinggi. Keadaan sperma jadi pekat dialami karena ada penumpukan sperma akibat pria jarang ejakulasi. Pria yang mengalami kondisi tersebut tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya untuk kesehatan.

  • Putih kekuningan

Pada pria yang sudah semakin lanjut usia biasanya sperma berwarna kekuningan. Hal ini cukup normal selama tidak ada gangguan seperti rasa sakit ketika ejakulasi terjadi atau saat berhubungan seks. Tidak hanya karena faktor usia jenis sperma berwarna kekuningan ini juga terjadi jika pria mengonsumsi maknan tinggi sulfur. Agar warna sperma kembali normal, pria sebaiknya untuk mengurangi makanan bawang bombay, bawang putih dan brokoli.

  • Kuning

Air mani biasanya berwarna abu-abu keputihan, sebagian pria mungkin mempunyai sperma yang berwarna kuning. Uretra merupakan saluran yang dilewati oleh air seni dan air mani sehingga air seni dapat bercampur dengan air mani untuk mengubah warnanya. Waspadai, apabila warna sperma kuning mewakili perubahan warna yang segnifikan bagi seorang pria.

Dibawah ini sebagian penyebab potensial yang berhubungan dengan sperma berwarna kuning termasuk:
  1. Penyakit kuning. Kondisi ini terjadi ketika hati mengalami kesulitan memecah bilirubin, produk sampingan dari penghancuran sel darah merah. ikterus paling sering menyababkan mata menguning namun dapat menyebabkan kulit dan air mani tampak kuning juga.
  2. Pola Makan berubah. Yang menyebabkan semen menguning adalah dari memakan makanan yang mengandung pewarna. Bau ejakulasi juga dapat berubah apabila pria makan makanan berbau kuat misalnya bawang merah, bawang putih, asparagus atau brokoli.
  3. Jarangnya mengalami ejakulasi. Apabila seorang pria belum mengalami ejakulasi dalam beberapa waktu, semen lebih mungkin bercampur denga urine.
  4. Urine dalam sperma. Semen mengalir memlalui uretra, yang merupakan tabung yang sama dengan yang dilalui urin. Mungkin sebagian urin berwarana kuning dapat bercampur dengan air mani, yang memberi semen warna kuning atau gips.
  5. Sel darah putih abnormal tinggi. Peradangan dapat menghasilkan sel darah putih berlebih.Hal ini dapat dilepaskan melalui semen, suatu kondisi yang dikenal sebagai pyospermia atau leukocytospermia. Sel darah putih tambahan dapat menyebabkan air mani tampak kuning. Keadaan ini dapat menjadi hasil dari infeksi.
  6. Infeksi menular seksual. IMS (Infeksi Menular Seksual) seperti klamidia, herpes atau gonore dapat menyebabakan semen kuning. Dalam hal tersebut, air mani pria mungkin juga mempunyai bau yang tidak sedap.

  • Kuning keemasan

Warna keemasan atau kuning pada sperma biasanya terjadi karena ada campuran urine. Agar tidak menginginkan spermanya tercampur dengan urine pria sebaiknya untuk kencing dahulu sebelum berhubungan badan dengan pasangan. Ketika pria menahan kencing, ada urine yang tersangkut di dekat saluran yang menyemburkan sperma.  

  • Merah atau agak cokelat

Jenis warna sperma merah atau agak kecoklatan berarti ada gangguan pada prostat atau saluran kemih. Warna ini muncul akibat pendarahan yang terjadi di dalam organ dan ikut keluar terbawa sperma. Berikut ini penyebab sperma berwarna merah selain kedua gangguan kesehatan tadi yang harus diwaspadai:
  1. Penyakit Menular Seksual. PMS (Penyakit Menular Seksual) misalnya Klamidia, herpes dan gonore dapat menyebabkan darah muncul di air mani.
  2. Hipertensi. Tekanan darah tinggi (Hipertensi) dapat menyebabkan air mani berwarna merah karena tercampur darah, khususnya apabila tidak ditangani.
  3. Seks yang kuat atau sering mastrubasi. Sebagian masalah mastrubai atau ejakulasi yang rentan dapat menyebabkan darah muncul di air mani. Tidak mengalami orgasme dalam waktu lama, atau menghentikan diri sebelum ejakulasi, juga dapat menyebabkan darah masuk ke dalam air mani. Kodisi ini biasanya tidak memprihatinkan dan akan normal dalam satu atau dua hari.

  • Hitam

Penyebab warna sperma hitam ialah hematospermia. Darah hitam biasanya merupakan darah tua yang sudah lama ada di dalam tubuh. Sperma hitam juga dapat berhungan dengan :
  1. Logam berat. Pada sebuah studi di tahun 2013 menemukan bahwa kadar logam berat yang tinggi seperti mangan, timbal, dan nikel dalam darah dapat menyebabkan semen berwarna gelap. Hal tersebut bisa terjadi akibat paparan makanan, air atau faktor lingkunagn lainnya yang terkontaminasi.
  2. Cidera tulang belakang. Salah satu penyebab air mani berwarna coklat gelap atau hitam adalah cedera pada sumsum tulang belakang. Ada kemungkinan hubungannya dengan kerusakan vesikel seminalis. Kelenjar ini menghasilkan beberapa zat yang membentuk semen.

Nah, demikianlah macam-macam jenis warna sperma dengan kondisi kesehatannya, semoga bermanfaat.

Kondisi Kesehatan Pria menurut Warna Spermanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment