Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Diabetes Hingga Kanker Prostat

tmknajidyahoo.blogspot.com - Jambu biji merupakan salah satu buah terbaik untuk kesehatan karena kandungan vitamin C yang tinggi yang membuat jambu biji baik untuk menjaga daya tahan tubuh, juga dapat memicu kenaikan trombosit sehingga baik untuk pasien demam berdarah.


Ternyata manfaat jambu biji tidak hanya ada di buahnya saja, Daun dari jambu biji juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun jambu biji :

Menjaga berat badan

Buah jambu biji bermanfaat untuk tubuh dan indeks GI cukup rendah juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan dan menjaga berat badan. Kandungan serat tersebut terkandung di buah dan ekstrak daunnya. Mengonsumsi hanya daunnya ataupun keduanya bisa mencegah kenaikan lemak tubuh. 
Lemak di tubuh dapat dicegah pembentukannya dengan Jambu biji karena kandungan serat dari daun jambu biji dapat menekan karbohidrat kompleks menjadi glukosa yang masuk ke darah. Apabila kadar gula di dalam darah tinggi, tubuh akan mengolahnya menjadi lemak. Berdampak obesitas semakin mudah terjadi dan sulit diatasi tanpa diet dan olahraga.

Menekan kondisi diabetes

Daun jambu biji yang direbus dan dikonsumsi oleh seseorang dapat menekan penyerapan gula di dalam darah. Penyerapan yang lambat membuat gula darah tidak naik dengan signifikan. Manfaat lainnya, pengidap diabetes dapat menjaga kondisi gula darahnya agar tetap stabil.
Berdasarkan penelitian Journal Nutrition and Metabolisme pada tahun 2010 menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat menekan terjadinya kondisi diabetes. Seseorang yang normal tidak akan mengalami pradiabetes, begitu pula dengan pengidap pradiabetes juga tidak akan mengalami diabetes baik tipe 1 atau 2.

Menstabilkan kolesterol

Buah Jambu biji dan daunnya juga mampu mengatasi LDL dan trigliserida di dalam darah dengan cepat. Manfaat tersebut akan lebih besar apabila mengonsumsi ekstrak dari daun secara rutin selama satu bulan.
Pada tahun 2010 dari penelitian, Mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin selam satu bulan dapat menekan LDL dan trigliserida secara signifikan. Mengnsumsinya dilakukan dengan pembatasan sehingga tanpa efek samping.

Meringankan diare

Daun jambu biji sebagai penyembuh diare juga dibuktikan menurut penelitian pada tahun 2008 silam, kalau daun jambu biji baik serbuk atau ekstrak minyaknya mampu mengatasi diare. Mengonsumsi daun jambu biji menyebabkan feses menjadi lebih padat dan memicu pergerakan usus yang cepat jadi stabil. 
Dengan mengonsumsinya pun bisa membuat perut menjadi nyaman. Jika konsisi diare sudah membaik dan nyaman, hentikan penggunaan. Dikhawatirkan sifatnya yang memadatkan feses dan membuat usus besar berjalan lambat memicu sembelit.

Kemungkinan mengatasi kanker perut

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, pengguanaan ekstrak daun jambu biji terutama yang dibuat menjadi minyak dapat membantu mengatasi kanker perut. Hal tersebut terjadi karena kandungan antioksidan yang sangat besar seperti vitamin C. Mengonsumsi ekstrak daun jambu biji juga dapat mencegah sel kanker untuk berkembang lebih cepat. Dan kemungkinan sel kanker saling menyerang cukup tinggi. Dengan kemampuan tersebut sel akan sulit menyebar dengan cepat. 
Penyembuhan ini hanyalah pendamping saja, obat dari dokter sampai metode kemoterapi tetap harus dilakukan. Karena apabila dihentikan dapat memunculkan masalah yang cukup besar.

Kemungkinan mencegah kanker prostat

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang berbahaya dan mematikan untuk pria. Kanker ini menyebar dengan cepat dan kadang tidak menunjukan tanda awal.
Dengan mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dalam bentuk apa pun ternyata dapat membuat pria terlindungi dari kanker prostat. Kandungan likopen yang merupakan antioksidan terkuat di daun jambu membuat sel kanker susah tumbuh dan menyebar ke beberapa organ di sekitar prostat seperti kandungan kemih hingga testis.

Cara Mengolah Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat diolah menjadi minuman herbal yang bermanfaat bagi tubuh. Ada 2 jenis daun yaitu daun segar dan daun kering, berikut cara pengolahannya:
  • Mengolah daun segar.

Daun segar dari jambu biji dapat diolah secara langsung dengan cara:
  1. Ambil sekitar 5-6 daun jambu yang tidak terlalu tua. 
  2. Kemudian daun jambu biji segar tersebut direbus terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya tambahkan sekitar 1 liter air, hingga mendidih.
  4. Biarkan ekstrak daun jambu biji keluar sampai air berubah warna, biasanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit setelah mendidih. 

Meminum air rebusan ini sehari sekali sampai badan terasa lebih nyaman dan kondisi diare hilang. Jangan diminum setiap hari karena dapat memicu sembelit atau bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  • Mengolah daun kering

Untuk dapat mengolah jambu biji kering tidak secara langsung, yaitu dengan :
  1. Mengeringkan terlebih dahulu daun jambu biji yang masih muda.
  2. Ketika mengeringkannya diusahakan agar tidak di bawah sinar matahari langsung.
  3. setelah kering, kemudian daun di hancurkan lalu campur dengan air dan didihkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Selanjutnya saring daun jambu biji yang masih tersisa di daam air.
  5. Sedikit dinginkan rebusan lalu minum langsung. Juga dapat menambahkan pemanis alami seperti madu.

Demikianlah manfaat dari daun jambu biji. Berdasarkan manfaat daun jambu biji tersebut tetap sebisa mungkin untuk melakukan konsltasikan dengan dokter. 

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Diabetes Hingga Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment