Apakah Terapi Kanker Prostat Membuat Penis Mengecil?

tmknajidyahoo.blogspot.com - Ada sebagian pria penderita kanker prostat mengeluhkan ukuran penis mereka tampak mengecil sesudah menjalani serangkaian terapi pengobatan untuk kanker prostatnya.

Terapi Kanker Prostat Bikin Penis Mengecil



Berdasarkan penelitian oleh Dana-Farber Cancer Institute and Brigham and Women's Cancer Center, Boston, AS, para penderita atau pasien kanker prostat yang mengalami efek samping tersebut merasa terganggu saat berhubungan intim. Bahkan mereka menyatakan bahwa merasa menyesal memilih terapi pengobatan tersebut.

Kanker prostat merupakan salah satu dari jenis kanker dimana pasien mempunyai sejumlah pilihan terapi. Adapun karena berbagai kemungkinan efek samping yang dapat terjadi, pasien seringkali bingung memilih terapi pengobatan.

Menurut Dr.Paul Nguyen ahli radiasi onkologi, hasil penelitian menunjukan bahwa pemendekan penis ini sangat berpengaruh pada kualitas hidup penderitanya. Dengan begitu,efek samping seperti ini memang harus dibicarakan di awal sehingga pasien tidak merasa menyesal.

Efek samping ini ternyata cukup sering dialami oleh pasien yang menjalani terapi prostatectomies atau operasi pengangkatan prostat dan pasien yang menjalani terapi hormonal serta dikombinasikan dengan radiasi.

Dr.Paul Nguyen juga mengatakan bahwa sebenarnya kebanyakan dari pasien dapat menerima efek samping pengobatan apabila di awal mereka telah diberitahukan.

Adapun penelitian yang dilakukan oleh Dr.Paul Nguyen ini melibatkan 948 pria yang mengelami kekambuan kanker prostat. Mereka merupakan mayoritas dengan usia antara 60-80 tahun. Terdapat lebih dari 50% pria mendapatkan operasi pengangkatan prostat, 24% radiasi yang dikombinasikan dengan terapi penghambat hormon dan 22% hanya mendapatka radiasi.

Pada umumnya, 2,6% pria melaporkan ukuran penis mereka memendek sesudah menjalani terapi pengobatan. Jumlah pria yang mengalami efek samping tersebut bervariasi. Hal ini bergantung pada jenis terapi yang dijalankan. Seperti, 3,7% pria mengalami pengangkatan prostat mengatakan penis mereka menyusut, sementara yang menjalani terapi hormon dan radiasi terdapat 2,7% yang mengalami efek samping serupa.

Namun sebaliknya, tidak terdapat keluhan penis yang memendek pada pria yang hanya menjalani terapi radiasi, baik dengan mesin X-ray atau biji radioaktif yang di implan langsung ke dalam prostat.

Sebagai dari informasi, tim peneliti tidak melakukan pengukuran penis pada para pasien sebelum dan sesudah terapi. Adapun studi ini hanya disimpulkan dengan berdasarkan opini pasien.

Demikianlah informasi mengenai terapi kanker prostat yang membuat penis mengecil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda akan menjalani pengobatan untuk kanker prostat.

Apakah Terapi Kanker Prostat Membuat Penis Mengecil? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment