Tes Mendeteksi Kanker Prostat

Dilansir dari detikHealth, meninggalnya aktor senior Rudy Wowor pada 5 september 2018 lalu diakibatkan oleh penyakit kanker prostat. Ini bisa menjadi pelajaran bagi para pria agar menjaga kesehatan prostatnya.

Ingin Mendeteksi Kanker Prostat? Ini Tes yang Dibutuhkan


Salah satunya untuk melakukan skrining prostat terutama jika telah berusia 50 tahun, Dikutp dari situs Prostate Cancer Foundation (PCF), skrining prostat terdiri atas uji DRE dan PSA yang sederhana dan tidak sakit.

DRE atau Digital Rectal Exam dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berpengalaman dibidangnya. Adapun dokter akan melumuri sarung tangan dengan pelumas buatan sebelum memasukkannya ke dalam rektum. Prostat berada tepat di depan organ yang berfungsi menampung fases untuk sementara ini dan dokter akan dapat langsung mengetahui jika prostat membesar atau bentuknya tidak teratur. Prosedur tes ini memang tidak nyaman, akan tetapi bisa berlangsung cepat dan tidak sakit.

Kemudian tes akan dilanjutkan dengan uji SPA atau Prostat Spesifik Antigen, yaitu protein yang dihasilkan prostat untuk mengukur kekentalan caiaran sperma. Pada uji PSA juga dilakukan melalui tes darah yang hasilnya dapat diketahui dalam 2 minggu. Pria diharuskan waspada apabila kadar PSA lebih dari 3 ng/ml, sebab dapat menjadi penanda kanker.

Akan tetapi dokter akan menyarankan pengulangan tes terlebih dahulu sebelum penjatuhan vonis kanker. Adapun tes DRE dan PSA akan diulang beberapa kali dalam 1 hingga 2 tahun, ini merupakan bagian dari pemeriksaan normal. Hasil tes akan menjadi perhatian jika ukuran prostat masih terlalu besar atau tidak beraturan. Pasien juga harus waspada jika kadar PSA terus tinggi setelah sejumlah kali tes.

Tidak hanya dari hasil tes, umumnya dokter juga akan menimbang sejumlah hal sebelum yakin telah terbentuk sel kanker. Hal ini mencakup pada usia, berat badan, rekam medis, sejarah keluarga, etnis, dan juga berbagai faktor lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

Artikel lainnya mengenai gangguan prostat kunjungi halaman 
>> tmknajidyahoo.blogspot.com  atau >> Pengobatan gangguan prostat

Demikianlah penjelasan mengenai tes yang diperlukan untuk mendeteksi kanker prostat. Semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

Tes Mendeteksi Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment