Perawatan Medis Prostatitis Bakteri Kronis




Langkah Perawatan Secara Medis Untuk Prostatitis


Anda sangat diharuskan menemui dokter jika salah satu gejala dari infeksi prostat berikut ini tengah dialami. Gejala-gejala ini bahkan lebih signifikan apabila disertai demam tinggi dan menggigil:
  • Kesulitan dalam buang air kecil
  • Buang air kecil yang terasa nyeri atau terbakar
  • Mengalami sakit saat mulai buang air kecil
  • Adanya rasa sakit di daerah genital


Umumnya dokter akan mendiagnosis dan mengobati infeksi prostat pada pasien rawat jalan. Apabila seorang pria mengalami gejala seperti diatas, segeralah untuk mencari perawatan medis atau pergi ke bagian gawat darurat rumah sakit sebab infeksi tersebut akan mungkin menyebar ke area intim lain pada tubuh.

Perawatan medis prostatitis bakteri kronis


Efektivitas antibiotik terbatas sebab kebanyakan antibiotik tidak dapat menembus jaringan prostat ketika tidak meradang.

  • Di tahap awal pasien kemungkinan akan menerima sulfamethoxazole dan trimethoprim (Bactrim DS, Septra DS). Antibiotik lain yang berpotensi efektif meliputi norfloksasin (Noroxin) atau ciprofloxacin (sipro). Penderita prostatitis yang parah sering kali diperintahkan dokter  untuk meminum antibiotik selama 6 minggu bisa juga dengan waktu yang lebih lama. Organisme terisolasi mungkin menunjukkan resistensi terhadap antibiotik dari waktu ke waktu, untuk itu terapi alternatif mungkin akan perlu ditangani oleh praktisi perawatan kesehatan.
  • Banyak pria mempunyai kekambuhan infeksi setelah kambuh, akan tetapi ini mungkin memerlukan antibiotik yang lebih lama atau perawatan lainnya.


Apabila pasien mengalami kekambuhan, dokter bisa melanjutkan pemberian antibiotik antibiotik disertai dengan pemijatan prostat atau drainase (2 atau 3 kali per minggu). Kebanyakan dokter tidak mengambil pendekatan ini, namun akan menyarankan hal-hal berikut:
  • Kelenjar dan saluran yang terlibat bisa diblokir, membuat kantong kecil hampir seperti abses.
  • Pijat prostat diyakini dapat membuka saluran ini yang memungkinkan untuk menguras isi prostat, sehingga memungkinkan penetrasi yang lebih baik dari antibiotik.

Pasien akan jarang membutuhkan pembedahan apabila pengobatan telah bersifat efektif.

Terdapat juga pengobatan lain yang mungkin termasuk penghambat alfa (misalnya terazosin [Hytrin] atau tamsulosin [Flomax] yang bisa mengendurkan leher kandung kemih dan otot untuk membantu mengurangi gejala buang air kecil yang menyakitkan.

Itulah informasi perawatan medis untuk prostatitis kronis. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Perawatan Medis Prostatitis Bakteri Kronis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment