5 Kondisi Peningkat Kanker Prostat



5 Kondisi Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Prostat Pada Pria


Inforamsi Prostat - Seperti yang telah kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyebab terbesar yang dapat mengakibatkan kematian baik bagi pria maupun wanita. Umumnya pada wanita terdapat 2 jenis kanker yang menyebabkan risiko kematian cukup tinggi, kanker ini ialah kanker payudara dan kanker serviks.

Sementara pada pria kanker yang cukup membahayakan jiwa dan sering berisiko menyebabkan penurunan kualitas kesehatan adalah kanker prostat. Kanker ini berada dikelenjar prostat yang akan menyebabkan terjadinya pembesaran organ akibat sel abnormal. Satu-satunya cara untuk mengatasi kanker ini ialah dengan prosedur operasi yang akan dilanjutkan dengan perawatan lainnya.

Pada dasarnya kanker prostat dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi pria yang lebih berisiko menhgalaminya ilah karena sejumlah hal di bawah ini.

1. Usia


Umumnya usia dari pria dapat menentukan tinggi atau rendahnya risiko kanker prostat. Pria yang mempunyai usia di atas 40 tahun biasanya akan rentan mengalami gangguan ini. Bahkan kemungkinannya lebih dari 60%. Keadaan kanker prostat ini jarang muncul di usia produktif sebab prostat masih berfungsi dengan baik untuk bercinta.

Walaupun muncul pada pria di atas 40 tahun, umumnya keadaan akan baru terdeteksi pada pria berusia 56 tahun. Apabila pria telah mengalami kanker ini keadaan kesehatannya akan menurun. Selain itu pria juga akan mengalami rasa sakit di area prostat ketika akan kencing atau saat ejakulasi.

2. Ras


Hasil penelitian oleh The Centers for Disease Control and Prevention, rasa menentukan risiko kanker prostat, menyatakan bahwa ras pertama yang mengalami peningkatan risiko kanker prostat adalah yanng berasal dari afrika. Selanjutnya orang kulit putih dan yang paling terakhir adalah pria yang berasal dari kawasan Asia.

Untuk itu, terdapat kemungkinan ras membawa gen yang resiaten dengan kanker dan dipengaruhi juga dengan lingkungan. Pasalnya orang Asia yang bermigrasi ke Amerika berisiko mengalami kanker prostat yang cukup tinggi ketimbang yang tetap berada di wilayah asli mereka tinggi dari kecil hingga tua.

3. Pola Makan


Pola makan juga berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya risiko kanker prostat. Adapun risiko ini akan semakin tinggi pada pria yang memiliki hobi sekali mengonsumsi daging merah atau sesuatu yang terlalu banyak berlemak. Selain itu, hal ini juga akan menyebabkan mereka mudah sekali mengalami gangguan berupa obesitas. Kondisi obesitas memang tidak secara langsung berhubungan dengan kanker prosgtat, namun lemak ada hubungannya dengan agresivitas dari sel karsigogenik di dalam tubuh.

Sementara itu, risiko akan turun jika pria mengonsumsi banyak sekali sayur dan buah terutama yang mengandung antioksidan.

4. Paparan dengan zat berbahaya


Ada sejumlah pekerjaan yang dilakukan oleh pria yang akan berisiko menyebabkan kanker atau memicu munculnya sel abnorrmal di dalam tubuh. Kondisi ini dapat terjadi apabila pria bekerja dengan bahan kimia berbahaya seperti di percetakan atau bekerja di pertanian.

Terdapat kemungkinan yang besar paparan zat berbahaya ini akan menyebabkan kanker. Karena itu, pria diwajibkan untuk selalu mengenakan masker.

5. Keturunan


Pria yang mempunyai riwayat kanker prostat dari ayah atau kakek, kemungkinan besar akan mengalami hal yang serupa. Bahkan terdapat kemungkinan kanker yang muncul bisa lebih muda dari usia normal seperti di bawah 40 tahun.

Jika Anda mempunyai riwayat kanker prostat, segeralah melakukan pemeriksaan sejak dini. Dengan begitu ada atau tidak adanya kanker prostat akan dapat dipantau dengan baik. Apabila terdapat sel kanker yang muncul, maka penanganan kanker prostat pun dapat segera diberikan dengan tepat.

Demikianlah ulasan tentang beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kanker prostat muncull. Semoga informasi ini dapat anda gunakan sebagai rujukan.

5 Kondisi Peningkat Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment