Cara Sederhana Cegah Kanker Prostat

7 kebiasaan Sederhana Untuk Cegah Kanker Prostat

Dilansir dari Worls Cancer Reasearch Journal, penyakit kanker prostat menempati urutan ke-6 sebagai penyebab kematian pria terbanyak. Penyakit ini menjadi salah sat masalah kesehatan yang mengancam pria. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari cara agar dapat mencegah kanker prostat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Berbagai Cara Mencegah Kanker Prostat



Prostat merupakan kelenjar berbentuk kacang kecil pada pria yang berada di bawah kandung kemih. Kelenjar ini adalah penghasil dan pengangkut sperma. SEl kanker dapat tumbuh pada prostat dengan perlahan tanpa tersadari, bahkan bisa menyebar dengan sangat cepat. Adapun berikut ini merupakan beberapa kebiasaan sederhana dalam keseharian Anda yang bisa dilakukan untuk membantu mencegah kanker prostat.

1. Kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa pria yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak hewani yakni seperti susu, daging merah, dan keju ternyata mempunyai risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Sebab diketahui bahwa ada hubungan antara kanker prostat dengan berbagai lemak hewani.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat yaitu yang berasal dari alpukat dan kacang-kacanagan untuk dikonsumsi.

2. Tidak merokok

Selain dapat menjadi penyebab kanker paru-paru, rokok juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat. Terdapat sejumlah penelitian yang menyebutkan sekitar 24-30% risiko  kanker prostat lebih besar pada perokok dibanding bukan. Bahkan dengan merokok ini dapat menyebabkan seseorang terkena kanker prostat yang agresif, yaitu jenis kanker yang penyebarannya lebih cepat.

3. Banyak makan sayuran dari keluarga cruciferous

Nama sayuran jenis ini mungkin memang masih terdengar asing. Tetapi, sayuran yang berasal dari keluarga cruciferous ini mempunyai manfaat yang telah teruji dapat membantu mencegah kanker. Contoh sayuran yang tergolong jenis cruciferous yaitu brokoli, kembang kol, kubis, bokchoy, selada air dan lobak.

Ada pula sayuran yang mengandung sekelompok zat yang dinamakan glucosinolates, yang merupakan bahan kimia yang mengandung sulfur. Saat sayuran ini masuk ke dalam saluran pencernaan, zat glucosinolates dipecah untuk membentuk senyawa aktif yang bisa memberikan efek antikanker.

4. Menjaga Beran Badan Ideal

Penelitian menemukan fakta bahwa berat badan yang berlebih bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Akan tetapi, para penelitijuga belum menemukan hubungan pasti mengapa kegemukan membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena kanker prostat.

Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati, untuk itu mulai dari sekarang jaga pola makan Anda agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

5. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur akan membantu Anda untuk tetap sehat, termasuk bisa terhindar dari kanker prostat. Tidak hanya itu, olahraga pun bisa mempertahankan berat badan ideal. Tidak perlu lama-lama, dengan menjalankan olahraga 15-30 menit setiap harinya atau 3 jam dalam seminggu sudahlah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Tidak mengonsumsi suplemen vitamin E tambahan

Dalam penelitian Journal of National Cancer Institute tahun 2014 menyatakan bahwa terlalu banayak mengkonsumsi vitamin E bisa meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Selama asupan tubuh Anda telah mengandung 15mg vitamin E, maka tidak perlu lagi suplmen vitamin E tambahan.

7. Sering Ejakulasi

Seorang peneliti Australia, Graham Giles, Ph.D., menemukan fakta bahwa melakukan ejakulasi secara teratur akan membantu membersihkan zat karsinogen yang tergantung di dalam cairan semen. Dengan begitu, risiko timbulnya kanker  prostat pada tubuh pun menjadi berkurang.

Adapun kesimpulan ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan pada 2.338 pria yang hasilnya bahwa pria yang masturbasi selama lima kali atau lebih dalam seminggu ternyata memiliki kemungkinan 34 persen lebih kecil untuk terkena kanker prostat di usia 70 tahun.

Demikianlah informasi mengenai 7 kebiasaan sederhana untuk membantu cegah Kanker Prostat. Semoga bermanfaat.

Cara Sederhana Cegah Kanker Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment