Mengenal Tentang Operasi Prostat


Mengenal Operasi Prostat

Terdapat 2 teknik utama pada operasi prostat melalui perut, yaitu:
  • Prostatektomi radikal yakni posedur pengangkatan seluruh jaringan kelenjar prostat bersama dengan jaringan di sekitar kenjar tersebut. Umumnya prosedur ini dilakukan dalam mengobati kanker prostat dan bisa dilakukan secara terbuka melelui sayatan lebar pada kulit, maupun dibanu dengan laparoskop.
  • Prostatektomi sederhana yakni prosedur pengangkatan sebagian kelenjar prostat tanpa mengangkat seluruh jaringan prostat dan jaringan sekitarnya. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengatasi pembesaran kelenjar prostat.
Operasi juga bisa dilakukan melalui lubang dan saluran kencing dengan cara memotong sebagian kecil kelenjar prostat yang menghalangi saluran kencing. Metode ini disebut dengan nama transurethral resection of the prostate (TURP) atau transurethral incision of the prostate (TUIP). keduanya dilakukan dengan cara memotong bagian kelenjar prostat yang menyumbat saluran urine yang kemudian potongan tersebut akan keluar bersamaan dengan urine pada saat penderita atau pasien buang air kecil.

Prosedur Pelaksanaan Operasi Prostat

Operasi prostat biasanya dilakukan saat kondisi pasien tidak sadar akibat pengaruh anestesi umum (bius total). Dalam beberapa kasus, pasien hanya diberikan anestesi setengah badan sehingga tetap sadar selama operasi berlangsung, namun demikian pasien ini tidak akan merasakan apa-apa. Adapun pasien akan dipasang kateter urine untuk mengalirkan urine dari kandung kemih tanpa melalui saluran kencing saat selama operasi.

Pada prostatektomi terbuka akan dimulai dengan membuat irisan kulit yaitu di bagian retropubik (depan prostat) ataupun di perineal (bagian belakang prostat). Irisan retropubik ini dibuat dari bawah pusar sampai mendekati tulang kemaluan, sedangkan perineal akan dibuat dari dekat anus hingga mencapai daerah dekat skrotum. Lalu irisan akan dibuka dan dokter urologi akan melakukan pengangkatan kelenjar prostat pasien. Dan bila diperlukan,beserta jaringan disekitarnya, Seperti kelenjar getah bening. Setelah pengangkatan kelenjar prostat selesai, irisan tersebut ditutup kembali menggunakan jahitan.

Sementara pada prostatektomi laparoskopia, irisan dibuat sebesar lubang kunci yang jumlahnya lebih dari satu. Irisan kulit ini dibuat di daerah perut untuk memasukkan alat bedah khusus (laroskop) ke bagian dekat prostat dengan bantuan kamera di ujung laparoskop. Ketika laroskop mencapai kelenjar prostat, maka dokter akan memotong dan mengangkat kelenjar prostat. Adapun pada rumah sakit dengan teknologi lebih canggih, prosedur ini bisa dibantu dengan teknologi robot untuk memudahkan pengangkatan kelenjar prostat.

Dalam mengurangi penyumbatan saluran kencing, terutama pada pasien yang mengalami BPH (prmbesaran prostat), akan dapat melakukan operasi prostat tanpa melalui sayatan di dinding perut, melainkan melalui lubang kencing dan saluran kencing ini.
  • TURP. Transurethral Resection of The Prostate (TURP) dilakukan dengan menggunakan benang steril khusus.
  • TUIP. TUIP atau Transurethral Incision of The Prostate dilakukan dengan menggunakan alat bedah khusus yang memotong kelenjar prostat menjadi beberapa bagian di lokasi penyempitan saluran urine.
Operasi prostat dengan prosedur ini memiliki tujuan untuk memotong kelenjar prostat yang mengalami pembesaran dengan menggunakan laser. Alat laser ini berupa selang panjang yang kemudian dimasukkan melalui lubang kencing hingga mencapai kelenjar prostat. Saat telah mencapai kelenjar prostat , laser akan diaktifkan untuk memotong kelenjar prostat. Jaringan prostat yang terpotong akan dikeluarkan melalui urine.

Dan untuk pasien yang menjalani operasi prostat dengan sayatan di kulit, akan dijahit kembali untuk menutup luka sayatan. Kemudian daerah jahitan akan ditutupi perban steril agar tidak terjadi infeksi serta kateter akan tetap terpasang untuk mengalirkan urine selama masa pemulihan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai prosedur pelaksanaan operasi prostat. Semoga dapat bermanfaat.


Mengenal Tentang Operasi Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment