Jenis Penyakit Prostat Pada Pria

Jika Anda seorang pria yang memiliki usia 30 tahun ke atas dan sering mengalami buang air kecil hingga dalam jangka waktu 30 menit sekali, ada baiknya Anda segera waspada terhadap gangguan prostat yang mungkin terjadi.


Mengenali Prostat Dan Fungsinya


Prostat ialah kelenjar kecil di panggul pria yang termasuk pada bagian dari sistem reproduksi. Beratnya bisa mencapai 20gram dan memiliki ukuran kira-kira 4cm. Prostat ini berada di bawah kandung kemih di depan rektum (ujung saluran pencernaan). Kelenjar prostat mengelilingi saluran yang akan membawa urine dari kandung kemih ke penis yakni uretra.

Prostat mempunyai fungsi dalam membantu menghasilkan cairan yang dapat melindungi dan menyuburkan sperma. Cairan tersebut mengandung kalsium, enzim, dan asam sitrat. Saat adanya ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. kemudian akan mengalir keluar bersama dengan sperma sebagai air mani.

Hal yang menjadi berbahaya mengenai prostat ini adalah adanya gangguan pada prostat yang dapat mengganggu pada kesehatan Anda, bahkan jika keadaan semakin parah penyakit prostat  ini dapat mengancam keselamatan nyawa Anda.

Jenis-Jenis Penyakit Prostat


Pada gangguan prostat yang terjadi, kebanyakan orang hanya lebih mengenal dengan kanker prostat. Namun sebenarnya gangguan pada prostat tidak hanya itu, berikut ini adalah jenis-jenis penyakit prostat diantaranya:

  • Prostatitis (Radang Prostat)

Radang prostat ini terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyebabkan prostat mengalami pembengkakkan dan peradangan sehingga akan mulai terasa sakit. Biasanya radang prostat lebih beresiko terhadap pria yang sering mengalami gangguan di seputar saluran kemih / radang saluran kemih.

  • Pembesaran Prostat Jinak (BPH)
Pembesaran prostat jinak merupakan suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan kelenjar prostat secara berlebihan. Umumnya hal ini disebabkan karena usia yang semakin bertambah hingga mempengaruhi fungsi dari kinerja hormon yang semakin menurun. Yaitu funsi sel leydig pada testis untuk penghasil hormon androgen utama (testosteron). Perubahan testosteron menjadi DHT ini di dalam sel prostat merupakan faktor masuknya DHT ke dalam inti sel prostat sehingga menyebabkan inskripsi pada RNA yang membuat terjadinya protein penyebab sel prostat menjadi bertambah banyak.

  • Kanker Prostat
Kanker prostat ialah kanker yang menyerang pada kelenjar prostat, yang menyebabkan sel-sel tidak bertumbuh normal dan tak terkendali.

Kanker prostat jarang terjadi pada pria yang berada pada usia dibawah 45tahun. Akan tetapi, faktor genetika keluarga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker prostat lebih banyak.

Setelah mengenal gangguan-gangguan pada prostat dan bahayanya yang dapat terjadi, ada baiknya Anda bersegeralah melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan secara tepat.

Jenis Penyakit Prostat Pada Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment