Tips Mencegah Terjadinya Gangguan Prostat

Seperti yang sudah kita ketahui dengan berdasarkan data WHO, kebanyakan pria untuk mengalami gangguan atau penyakit pada prostat sangatlah besar. Gangguan yang bisa terjadi dapat meliputi prostatitis, pembesaran prostat(BPH), atau bahkan kanker prostat. Untuk itu, penyakit atau gangguan pada prostat sering menjadi hal yang harus di waspadai oleh kaum pria.

Dalam mewaspadai gangguan prostat ini tentunya dapat dilakukan dengan cara pencegahan sejak usia muda, yaitu menjalani gaya hidup yang sehat.

Tips Mencegah Terjadinya Gangguan Prostat



Berikut ini kami informasikan beberapa tips yang dapat mencegah terjadinya gangguan pada prostat, antara lain:

1. Menurunkan Kolestrol

Di dalam tubuh, kolestrol akan diubah menjadi testosteron. Dengan berdasarkan pengamatan, diketahui bahwa jaringan prostat yang mengalami pembesaran (BPH) mempunyai kandungan kolestrol yang sangat tinggi. Untuk itu, sebagian dokter menyatakan pembesaran prostat dapat diperkecil atau untuk meringankan gejalanya dengan cara meminta pasien menurunkan kolestrol dalam darah mereka menjadi 200 mg/dl atau kurang, sebagaimana anjuran dari America Heart Association.

2. Jangan Kekurangan Seng

Menurut Paul M.Block, M.D yaitu seorang spesialis urologi yang membuka praktik swasta di Phoniex mengungkapkan bahwa penderita gangguan prostat cenderung mengalami kekurangan seng di dalam tubuhnya. dan sangat penting untuk Anda ketahui, kadar diet yang direkomendasikan untuk seng ialah 15 miligram dalam satu hari.

Kandungan seng bisa kita dapatkan dengan meminum suplemen seng atau mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya seng. Seperti ikan hering dan kerang juga pada tumbuhan padi-padian, biji-bijian, polong-polongan, bekatul, dan susu.

3. Perbanyak Sayuran

Mengkonsumsi sayuran memang sangat baik untuk tubuh, dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya menjadikan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan pada tubuh. Adapun sayuran yang kaya akan betakaroten, lutein dan vitamin C mempunyai fungsi menurunkan risiko untuk BPH karena dapat menjadikan kadar hormon pria tidak begitu tinggi. Dan itulah mungkin penjelasan mengenai mengapa pembesaran prostat (BPH) sangat jarang dijumpai pada budaya-budaya atau masyarakat yang memiliki kebiasaan lebih banyak makan sayuran.

4. Kurangi asupan lemak

Makanan berlemak dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada prostat. Seperti mengkonsumsi daging merah setiap hari akan meningkatkan risiko BPH sebesar 38%. Oleh karena itu, hindarilah makanan-makanan yang kaya lemak berupa daging merah, produk susu, dan goreng-gorengan. Anda dapat membatasi porsi dengan tidak mengkonsumsi lebih dari 90 gram sehari.

5. Membatasi makanan yang sangat merangsang dan alkohol

Keduanya akan menyebabkan peningkatan iritasi pada kantung kemih. Adapun menurut Dr. Block mengkonsumsi alkohol akan sangat merugikan karena menyebabkan adanya penekanan pada sistem saraf pusat yang membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih sehingga urine akan tertahan.

6. Ejakulasi Secara Teratur

Urine pada pria diproduksi pada kelenjar prostat, yang fungsinya memang berkaitan dengan reproduksi dan seks. Beberapa pria mengalami gangguan pada prostatnya karena jarang berejakulasi. Umumnya pada usia muda, ejakulasi biasa terjadi dengan sendirinya melalui mimpi basah, akan tetapi pada usia dewasa ejakulasi akan terjadi melalui hubungan seks atau masturbasi. Hal ini akan membuat prostat jadi tidak tersumbat dan juga menjadi lebih sehat.

7. Jangan menahan kencing

Bahaya menahan kencing pada pria ialah bisa menyebabkan otot kandung kemih dan katupnya melemah dan dapat menyebabkan infeksi pada saluran kencing. Hal inilah yang merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan pada prostat. 

8. Hindari minum setelah gelap

Dengan menghindari minum setelah pukul tujuh malam akan membuat Anda terjaga dari terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Selain itu, batasi juga minuman yang mengandung kafein sebab bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil dan tidak baik pula untuk kandung kemih yang membuat seolah-olah sudah penuh padahal belum.

9. Jangan duduk terlalu lama

Pada pria, posisi duduk yang terlalu lama akan membuat prostat tertekan. Kondisi ini akan menimbulkan gangguan terhadap prostat Anda. Untuk itu, jika mempunyai pekerjaan yang menuntut lebih banyak duduk, bangkitlah dan berjalan-jalan sejenak agar kesehatan prostat Anda dapat terjaga.

10. Rajin Berolahraga

Secara spesifik olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun meski belum dapat diketahui dengan pasti, sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa olahraga jalan cepat selama 3 jam dalam seminggu dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat sampai 57%.

Demikianlah informasi lengkap mengenai tips mencegah terjadinya gangguan prostat pada pria yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan Keluarga.

Tips Mencegah Terjadinya Gangguan Prostat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fani Sari Lustiany

0 comments:

Post a Comment